Mengetahui arah kiblat menggunakan aplikasi Salatuk

Salah satu tuntunan sholat yang benar adalah menghadap kearah kiblat. Yaitu kearah Ka’bah di Masjidil Haram, di kota Mekkah. Jika kita sholat di masjid atau musholla tentu mudah, karena shaf-shaf didalam masjid telah disusun menghadap kearah kiblat. Namun jika kita berada di tempat yang kita sendiri tidak tahu arah, maka menentukan arah kiblat akan mendatangkan tantangan tersendiri. Memang, agama memberikan dispensasi atau keringanan jika kita tidak tahu arah kiblat, kita boleh menghadap kemana saja, karena memang pada dasarnya sholat bukanlah untuk menyembah Ka’bah, namun menyembah Allah SWT. Namun, jika masih bisa diupayakan, maka tentunya lebih afdhol jika kita sholat menghadap kearah kiblat

Beruntung, kemajuan teknologi sangat membantu kita dalam menentukan arah kiblat. Dengan menggunakan perangkat smartphone yang memiliki kemampuan menangkap sinyal GPS, kita dapat dengan mudah mencari arah kiblat. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat, salah satunya adalah Salatuk.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Masarat App ini menghadirkan tiga fitur utama, yaitu petunjuk waktu sholat, petunjuk lokasi masjid terdekat dan petunjuk arah kiblat.

Sebelum menggunakan fitur penunjuk arah kiblat, jangan lupa pastikan bahwa settingan lokasi dan sambungan internet atau GPS pada smartphone anda sudah diaktifkan. Caranya gimana? silakan anda cari sendiri pada buku manual smartphone anda 🙂

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah settingan lokasi pada aplikasi Salatuk. Anda bisa memilih opsi manual, yaitu anda pilih sendiri kota anda, atau opsi otomatis. Untuk anda yang mobilitasnya tinggi, sering bepergian antar kota, mungkin pilihan yang terakhir akan lebih praktis.

Opsi pengaturan lokasi secara otomatis atau manual

Penggunaan fitur penunjuk arah kiblat itu sendiri sangat sederhana. Buka aplikasi salatuk, lalu tap ikon kompas (berada di pojok kanan bawah layar smartphone anda), sudah itu saja.

Tap pada ikon kompas (tanda panah kuning)

Setelah itu, ketika layar smartphone anda sudah menampilkan gambar kompas, letakkan gadget anda pada bidang datar, misalnya diatas lantai atau sajadah. Perhatikan tanda segitiga putih di tepi lingkaran dalam yang berwana hitam. Itu adalah penunjuk arah kiblat.

Tanda segitiga putih menunjukkan arah kiblat dari tempat anda berada

Cukup sederhana tapi sangat membantu. Anda bisa mendownload aplikasinya dari Google Play atau App Store. Jadi tidak ada lagi istilah kebingungan menentukan arah kiblat, kecuali anda tidak punya smartphone, atau punya smartphone tapi tidak ada paket internetnya, atau apalah… 😀

Bagaimana, apakah anda ada referensi aplikasi sejenis lainnya?

AZNAcom

Wong ndeso yang masih tetep ndeso meskipun kini bermukim di kota. Jika anda beruntung anda dapat menemukannya sedang gowes pagi di seputaran kota Jogja.

2 tanggapan untuk “Mengetahui arah kiblat menggunakan aplikasi Salatuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *