Cara Mencegah Whatsapp Membagi Data Pribadi Kita Dengan Facebook

Seperti kita tahu, beberapa tahun yang lalu raksasa media sosial Facebook menggemparkan jagad teknologi dengan membeli aplikasi pesan seluler Whatsapp dengan harga pembelian yang sangat fantastis (lebih dari 220 Trilyun Rupiah). Sejak saat itu, Whatsapp belum pernah memperbarui aturan persyaratan dan kondisi (term and condition) serta kebijakan privasinya. Sampai akhirnya, pada tanggal 25 Agustus 2016 yang lalu untuk pertama kali Whatsapp memperbarui aturan persyaratan dan kebijakan privasinya, yang salah satu bagian penting dari pembaruan ini yaitu WhatsApp akan membagi informasi tentang akun kita dengan Facebook untuk, antara lain, keperluan iklan.

Informasi apa yang dibagi dengan Facebook?

Dalam halaman FAQ Whatsapp disebutkan bahwa informasi yang akan dibagikan ke Facebook adalah nomor telepon yang kita gunakan untuk mendaftar WhatsApp serta kapan terakhir kali kita mengaksesnya.

Berkat enkripsi end-to-end, pesan, foto atau media lain yg kita bagi tidak akan dilihat oleh Facebook. Informasi ini hanya dapat dilihat oleh pengirim dan penerima pesan tersebut. Informasi yang dibagi oleh WhatsApp tidak akan dilihat oleh pengguna Facebook yang lain. Artinya, jika WhatsApp berbagi nomor telepon kita dengan Facebook, hal itu tidak akan serta merta mengisi nomor telepon kita pada profil Facebook dan membuatnya terlihat kepada pengguna yang lain.

Mengapa Whatsapp membagi informasi kita dengan Facebook?

Dalam halaman FAQ Whatsapp juga disebutkan bahwa berbagi informasi dengan Facebook akan membantu kedua perusahaan “berkoordinasi dengan lebih baik.” Mereka mengklaim bahwa hal itu akan membantu mereka “memerangi spam dan penyalahgunaan lainnya” dengan lebih efisien, serta “meningkatkan pengalaman pengguna ketika memakai layanan Facebook” melalui iklan yang tertarget.

Mereka mengatakan bahwa dengan memiliki nomor kita, ini akan membantu mereka memberikan saran produk dari perusahaan “yang sudah pernah berhubungan dengan kita” alih-alih dengan perusahaan yang tidak pernah kita kenal sebelumnya. Bagaimana hubungannya hal ini dengan nomor telepon kita itu belum diketahui dengan pasti.

Akankah ini berarti saya akan segera melihat iklan ketika mengakses Whatsapp?

Tidak, ya setidaknya tidak berbentuk banner iklan konvensional. Saat ini, WhatsApp sedang mencari cara untuk memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Mungkin dengan cara yang sama seperti halnya seorang nasabah berinteraksi dengan bank melalui SMS untuk memeriksa saldo rekening atau membeli pulsa seluler. WhatsApp ingin penggunanya dapat menerima informasi dari perusahaan-perusahaan, seperti misalnya informasi tentang jadwal terbang dari maskapai penerbangan.

Sedikit kabar baik. Untuk saat ini, WhatsApp masih memberikan penggunanya kontrol atas akun mereka sendiri. Dikatakan, “Kami tidak ingin Anda mendapatkan spam dalam semua pesan Anda, Anda dapat mengelola sendiri bagaimana komunikasi yang anda lakukan, dan kami akan menghormati pilihan yang Anda buat”

Kita lihat saja apakah Facebook akan mengubah sikap mereka ini.

Cara mencegah WhatsApp berbagi nomor telepon kita dengan Facebook

Dalam tempo 30 hari sejak Whatsapp mengubah kebijakan privasinya, kita masih bisa memilih agar Whatsapp tidak membagi nomor telepon kita dengan Facebook. Caranya:
1. Buka Menu Whatsapp, pilih Settings
2. Pilih Account
3. Hilangkan centang dari “Share my account info

Mencegah Whatsapp membagi data pribadi dengan Facebook
Hilangkan centang dari “Share my account info”

Demikian cara agar Whatsapp tidak membagi informasi tentang akun kita dengan Facebook. Ya semoga mereka belum sempat melakukannya 😀

AZNAcom

Wong ndeso yang masih tetep ndeso meskipun kini bermukim di kota. Jika anda beruntung anda dapat menemukannya sedang gowes pagi di seputaran kota Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *