Kisah Seorang Nelayan Meksiko

Syahdan, seorang pebisnis investasi dari Amerika sedang berada di Meksiko untuk perjalanan bisnisnya. Suatu ketika dia berada di sebuah dermaga di satu desa nelayan kecil. Dia memandang kearah lautan saat sebuah perahu kecil merapat ke dermaga.

Seorang nelayan turun dari perahu itu dengan membawa beberapa ikan tuna yang berukuran besar. Pebisnis itu kagum akan hasil tangkapan itu dan bertanya kepada si nelayan berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk mendapatkan ikan-ikan itu.

“Hanya sebentar saja” jawab si nelayan Meksiko. Pebisnis itu bertanya lagi mengapa ia tidak memancing lebih lama lagi untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak?. Dengan tenang nelayan Meksiko itu menjawab “ini sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga saya”. Pebisnis bertanya lagi “tapi apa yang kamu lakukan dengan sisa waktumu tiap harinya?”

“Saya tidur larut malam, memancing secukupnya, bermain dengan anak-anak saya, siesta bersama istri saya, berkeliling kampung dan bermain gitar bersama amigos saya. Hidup saya penuh dan sibuk.

Setengah mengejek pebisnis Amerika itu berkata “Saya seorang MBA lulusan Harvard, saya pikir saya bisa membantu anda”.

Anda seharusnya menghabiskan waktu lebih lama untuk memancing. Hasil yang anda dapatkan nanti anda gunakan untuk membeli perahu yang lebih besar. Hasil yang anda dapatkan saat memancing menggunakan perahu yang lebih besar itu anda gunakan untuk membeli beberapa perahu. Nantinya anda bisa memiliki armada perahu sendiri.

Kemudian anda coba menjual ikan tangkapan anda langsung ke pabrik pengolahan ikan ketimbang menjualnya ke tengkulak. Begitu sampai anda nanti bisa mendirikan pabrik sendiri. Saat itu anda sudah dapat mengontrol produk sekaligus pengolahan dan distribusinya.

Selanjutknya anda perlu meninggalkan kampung anda ini dan pergi ke Mexico City, kemudian ke Los Angeles sampai akhirnya ke New York dimana anda dapat mengembangkan perusahaan lebih besar lagi.

Mencoba memahami, nelayan Meksiko tersebut bertanya “Tapi, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk semua itu?”

“15 sampai 20 tahun”, jawab pebisnis Amerika.

“Lalu setelah itu apa?” tanya nelayan Meksiko.

Pebisnis Amerika tertawa. “Nah ini bagian terbaiknya. Saat waktunya tepat, anda daftarkan perusahaan anda ke bursa saham. Anda akan menjadi kaya raya, anda akan mendapatkan jutaan dollar”

“Hmm.. jutaan. Lalu setelah itu apa?”

Pebisnis Amerika berkata, “Lalu anda bisa pensiun dengan tenang. Pindah ke desa nelayan kecil dimana anda bisa tidur larut malam, memancing secukupnya, bermain dengan anak-anak anda, siesta bersama istri anda, berkeliling kampung dan bermain gitar bersama amigos anda”

AZNAcom

Wong ndeso yang masih tetep ndeso meskipun kini bermukim di kota. Jika anda beruntung anda dapat menemukannya sedang gowes pagi di seputaran kota Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *