Berapa yang Google bayar untuk memakai nama Oreo?

Sudah lama kita ketahui bersama jika Google memakai nama-nama makanan pada setiap versi sistem operasi Android miliknya. Kebiasaan ini tidak berubah pada rilis terbaru dari sistem operasi perangkat mobile yang paling banyak dipakai di dunia ini. Pada rilis Android versi 8.0 ini, Google tetap menamai sistem operasinya ini dengan nama makanan, yaitu Android Oreo.

Pemilihan nama Oreo ini tentu tidak keluar dari pakem kebiasaan Google, namun beberapa dari kita mungkin mengerutkan dahi karena semua orang tahu Oreo ini adalah merek biskuit terkenal dari perusahaan Nabisco. Hal ini pun tak pelak mengingatkan kita pada versi Android terdahulu yang memakai nama KitKat, sebuah merek snack cokelat enak dari Nestle. Bagaimana bisa Google memakai nama-nama ini?.

Android Oreo

 

Kesepakatan bisnis yang menguntungkan

Lazimnya di dunia bisnis, jika kita hendak menggunakan produk atau merek dagang milik perusahaan lain untuk tujuan apapun, kita akan mengajukan permohonan resmi ke pemilik merek dagang tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh Google, sebuah perusahaan yang sangat aware tentang pentingnya hak paten dan kekayaan intelektual. Mereka mengajukan permohonan ke Nabisco untuk memakai nama Oreo sebagai nama Android 8.0. Sama dengan dulu ketika mereka mengajukan permohonan ke Nestle untuk menggunakan nama KitKat.

Secara hitung-hitungan bisnis hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, Google boleh menggunakan nama brand yang sudah sangat terkenal dan akrab ditelinga orang diseluruh dunia, sementara Nabisco dan Nestle mendapatkan kesempatan pemasaran produknya yang lebih luas.

Berapa dollar yang dibayarkan?

Jawabannya adalah : Free alias gratis. Proposal yang diajukan ternyata segera mendapatkan tanggapan yang positif dan karena kerjasama yang dilakukan menguntungkan kedua belah pihak, maka tidak perlu ada uang yang dikeluarkan oleh Google untuk memakai nama Oreo (atau dulu KitKat). Yang patut kita tunggu adalah apa yang akan didapatkan oleh penikmat biskuit Oreo dengan kesepakatan ini. Jika dulu saat peluncuran KitKat, Google membuat program giveaways perangkat smartphone Nexus 7 tablets dan sejumlah kredit di Google Play store, apakah dengan membeli biskuit Oreo kita akan mendapatkan hal yang serupa? Kita tunggu saja sambil celupin Oreo ke segelas susu..

AZNAcom

Wong ndeso yang masih tetep ndeso meskipun kini bermukim di kota. Jika anda beruntung anda dapat menemukannya sedang gowes pagi di seputaran kota Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *