6 Situs Penyedia Foto Gratis Terpopuler

Sangat mudah untuk mendapatkan gambar atau foto gratis dari internet. Ya, tinggal googling saja, lalu download, selesai. Tapi tunggu dulu! apakah foto-foto yang anda dapatkan dari Google tersebut benar-benar gratis?. Jangan-jangan foto tersebut sebenarnya tidak gratis, atau setidaknya anda harus melakukan sesuatu agar anda dapat menggunakan foto tersebut secara gratis, seperti misalnya memberi kredit kepada pemilik foto tersebut. Nah, daripada bingung kemana harus mencarinya, kami telah merangkum beberapa situs yang menyediakan gambar atau foto gratis yang selain bisa anda pakai sesuka hati, namun juga memiliki resolusi yang cukup tinggi.

Unsplash

Foto gratis - Unsplash

 

Unsplash menyediakan banyak sekali foto dengan resolusi tinggi. Semuanya gratis. Dengan tampilan mirip sebuah blog, anda dapat melihat-lihat koleksi foto yang akan diurutkan berdasarkan foto terkini, paling populer ataupun paling lama. Foto yang ditampilkan menggunakan lisensi Creative Common Zero, dimana semua orang dapat menggunakan, menyalin dan memodifikasi foto tersebut secara bebas, baik untuk keperluan pribadi dan juga keperluan komersial.

Sesuai dengan tagline mereka: “Free (do whatever you want) high-resolution photos.”, koleksi foto Unsplash benar-benar gratis. Namun, walau bukanlah sebuah keharusan, dan jika itu memungkinkan, Unsplash menganjurkan pengguna foto untuk memberikan kredit kepada pembuat foto, dengan semangat menghargai kerja keras dan kemurahan hati mereka yang telah merelakan hasil karyanya untuk keperluan publik.

Unsplash menambahkan 10 foto baru setiap 10 hari, dengan menyertakan link ke pembuat foto jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang si pembuat foto.

Picjumbo

Foto gratis - Picjumbo

Picjumbo, situs penyedia “Free Stock Photos” mempunyai banyak sekali koleksi gambar, baik berupa foto dan juga ilustrasi yang dapat digunakan secara bebas untuk keperluan pribadi ataupun komersial. Foto dan ilustrasi baru ditambahkan setiap hari. Untuk memudahkan pencarian foto yang diinginkan, koleksi foto & ilustrasi dikelompokkan kedalam kategori-kategori yang lebih spesifik. Selain itu, terdapat fitur pencarian yang membantu anda mencari foto yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci yang sesuai.

Picjumbo juga menyediakan fasilitas premium membership yang memberikan fasilitas lebih. Seperti koleksi foto yang lebih banyak dan tidak ditampilkan untuk pengguna umum. Tambahan 30+ foto baru setiap bulannya, akses ke koleksi lama, fasilitas sekali download untuk semua foto, dan fitur lainnya.

Gratisography

Foto gratis dari Gratishography

 

Gratisography merupakan koleksi foto karya Ryan McGuire, yang menyebut dirinya sendiri sebagai “multifaceted whimsically creative visual artist”. Jika memungkinkan, dia akan memasukkan unsur humor dalam karya-karyanya. Dengan lisensi Creative Common Zero, memberikan keleluasaan penuh bagi anda untuk menggunakan foto-foto tersebut. Bagaimanapun, Ryan McGuire tetap memberikan batasan-batasan, diantaranya larangan menggunakan karyanya untuk tujuan-tujuan pornografi, kriminal, memfitnah dan merendahkan orang lain.

Foto-foto dengan resolusi tinggi ditambahkan kedalam beberapa kategori setiap minggunya. Anda bisa mencari foto yang diinginkan dengan browsing kategori atau menggunakan fitur pencarian.

Jay Mantri

Foto gratis dari Jay Mantri

 

Jay Mantri menambahkan 7 foto baru setiap minggunya. Seperti situs penyedia foto gratis lainnya, Jay Mantri menyematkan lisensi Creative Common Zero untuk karya-karyanya. Dengan tagline “make magic” sepertinya ia berharap dapat membantu orang membuat karya-karya “magis” memanfaatkan foto karyanya.

Di halaman depan situs, koleksi foto ditampilkan dalam ukuran besar. Jika koneksi internet anda kurang memadai, anda bisa menuju halaman archive, dimana foto-foto akan ditampilkan dalam ukuran thumbnail.

Pixabay

Foto gratis dari Pixabay

Pixabay adalah gudang untuk foto gratis yang dapat digunakan secara bebas berkat lisensi Creative Common Zero. Salah satu daya tarik dari Pixabay adalah adanya fitur advance search sehingga anda dapat mencari foto-foto yang diinginkan dengan lebih spesifik. Anda dapat memfilter foto berdasarkan jenis media, arah orientasi foto, kategori, ukuran, warna dan juga kombinasi dari beberapa keyword.

Sedikit catatan, beberapa foto mungkin tidak pantas untuk mereka yang masih dibawah umur, misalnya mengandung konten dewasa. Untuk memfilter konten-konten tersebut, anda dapat mengaktifkan fitur SafeSearch yang terdapat di halaman FAQ dari Pixabay. Fitur ini memang tidak 100% akurat, namun setidaknya bisa membantu menghindari sebagian besar konten dewasa.

New Old Stock

Foto gratis dari New Old Stock

Jika anda mencari koleksi foto-foto vintage alias jadul , maka New Old Stock tempatnya. Koleksi foto disini diambil dari Flickr yang mengikuti aturan Flickr Commons, yang menyebutkan bahwa pembatasan hak cipta tidak dapat diketahui (no known copyright restrictions). Anda dapat memakai foto-foto di situs New Old Stock ini untukkeperluan pribadi atau non komersial. Jika anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan komersial, anda disarankan untuk mengeceknya dengan cara mengikuti link ke postingan asli foto tersebut di Flickr.

Ada yang lain?

Sekarang ini, semakin banyak situs-situs yang menawarkan koleksi foto gratis. Hal ini sangat memudahkan kita mendapatkan foto-foto artistik dengan resolusi tinggi untuk berbagai macam keperluan. Bagaimana dengan anda, apakah ada memiliki pengalaman mencari foto gratis atau mau menambahkan situs foto gratis lainnya, silakan berbagi di bagian komentar. 🙂

AZNAcom

Wong ndeso yang masih tetep ndeso meskipun kini bermukim di kota. Jika anda beruntung anda dapat menemukannya sedang gowes pagi di seputaran kota Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *